Berapa penghasilan di KBM App?

Berapa gaji di kbm app

Holla, teman-teman! Jumpa lagi dengan cerita seru dari gue tentang perjalanan pertama kali gajian dari KBM App. Makin seru karena gue bakal ceritain secara gamblang, jadi siap-siap aja dengerin cerita keren ini!

Jadi begini, bulan ini adalah bulan yang spesial buat gue. Gue akhirnya mendapatkan gajian pertama gue dari KBM App! Nah, sebelumnya, mungkin pada kepikiran, “Wah, pasti dapet jutaan nih dari KBM App.” Nah, nyatanya? Enggak jutaan, belum ratusan juga.

Cuma ratusan ribu aja, guys! Hehe, iya masih kecil banget sih, tapi tetap syukur deh. Kan dari yang kecil bisa menuju yang besar. Mulai dari ratusan ribu, siapa tahu nanti bakal jadi jutaan, puluhan juta, bahkan milyaran! Amin, ya Allah!

Cara Menghasilkan Uang dari Menulis di KBM App

Kalian tahu enggak? Di KBM App itu banyak banget yang penghasilannya luar biasa, bahkan ada yang bisa sampe juta-juta rupiah.

Ada juga yang sebulan bisa dapet puluhan juta. Gila, kan? Jangan percaya? Coba aja cek di aplikasi atau IG resmi KBM App, biasanya mereka suka kasih tau siapa aja yang masuk dalam Top 10 earning bulanan.

Nah, gue mau cerita sedikit nih. Jadi, inget tanggal 16 Juni kemarin? Pas hari itu, ada dua gembok yang akhirnya terbuka buat cerita gue. Alhamdulillah, begitu bulan Juli datang, penghasilan dari cerita-cerita gue udah cukup buat gajian.

Ini benar-benar bikin gue senang, bukan karena jumlahnya yang udah banyak (masih belum seberapa sih, tapi tetep bahagia), tapi lebih ke semangatnya. Maklum, kalau ada yang mau buka gembok cerita kita berarti mereka suka, kan? Rasanya puas aja gitu, apalagi kalau cerita kita banyak yang suka.

Iya sih, masih sedikit dipamerin banget. Tapi gue nggak nyerah, kok! Nah, sambil gue ceritain ini, sekaligus gue mau bagi ilmu nih. Gue mau kasih tau kalian, cara menghasilkan uang dari KBM App itu sebenarnya enggak susah-susah amat. Gue aja bisa, masa kalian nggak? Nah, buruan simak nih cara-cara keren yang bisa kalian ikuti.

Buat akun di KBM App

Langkah pertama, tentu aja harus bikin akun dulu di KBM App. Gampang banget kok, tinggal ikuti aja petunjuknya saat mendaftar. Gue pilih pake akun Gmail buat mendaftar, soalnya lebih praktis.

Mulai menulis

Setelah punya akun, mulai deh nulis cerita. Ada banyak genre yang bisa kalian pilih, seperti novel roman, kriminal, buku anak, komik, dan lain-lain. Cukup pilih yang sesuai dengan genre yang kalian mau tulis. Oh ya, sekarang ini, upload cerita hanya bisa lewat aplikasi, ya, jadi kalian nggak bisa lewat web. Tapi kalau cuma baca, bisa kok lewat web.

Kunci bab ke-8

Nah, di bab ke-8, kalian bisa mulai mengunci cerita. Cara menguncinya gampang banget. Cukup klik profil, terus pilih add/edit chapter, pilih cerita yang mau dikunci, lalu klik MONETIZE YOUR STORY (scroll sampe bawah ya buat nemuin ini). Begitu kalian klik itu, otomatis bab ke-8 bakal terkunci.

Isi data rekening

Ingat, kalau nggak isi data rekening, gimana gue bisa transfer uangnya ke kalian? Jadi, caranya gampang. Pas di beranda (home), klik EARNING, terus pilih edit bank. Tinggal masukkan nomor rekening di situ.

Gampang banget, kan? Mengunci cerita juga simpel, dan yang paling penting, nulisnya seru banget!

Nah, pasti kalian ada yang punya pertanyaan kan? Jangan khawatir, gue sudah siapin jawaban untuk beberapa pertanyaan yang sering ditanyain, nih.

Tanya Jawab Seputar Mendapatkan Penghasilan dari KBM App

Q: Gimana sih cara cek penghasilan di KBM App? Bisa tiap hari dicek enggak? A: Tenang, caranya gampang. Pas di beranda (home), ada bagian EARNING, tinggal klik. Ada dua kotak, hijau dan ungu. Yang hijau itu penghasilan dari yang membuka gembok cerita kita, sedangkan yang ungu kita dapet kalau ada yang buka gembok dari link yang kita share. Data penghasilan diupdate tiap hari baru, jadi tiap dini hari kalian udah bisa cek berapa penghasilan kalian.

Q: Berapa sih minimal penghasilan yang bisa ditransfer, dan transfernya tiap tanggal berapa? A: Nah, minimal dana yang bisa ditransfer adalah lima belas ribu rupiah. Kalau belum mencapai jumlah segitu, akan ditambahkan ke bulan berikutnya. Proses transfer dimulai tanggal 4 tiap bulan, tapi ingat, bisa aja ada penundaan karena antrean yang banyak.

Q: Kok pas bab ke-8 sudah dikunci, tapi penghasilannya masih 0 ya? A: Ini penting buat kalian yang masih bingung. Jadi, di bab 8-10, kalian bisa memilih mau kunci dengan koin emas atau koin perak. Nah, koin perak bisa didapatkan secara gratis lewat misi-misi di KBM App, seperti login dapet 10 koin, share 2 cerita dapet 50 koin, subscribe 2 cerita dapet 30 koin, dan lain-lain (cek aja di beranda, cari tulisan mission). Biasanya pembaca buka bab 8-10 pake koin perak, jadi kalian belum dapet penghasilan dari situ. Nah, baru pas bab 11, bisa dikunci pake gembok emas. Pembaca harus bayar 15 koin emas (Rp1.500) buat buka gemboknya. Nah, penghasilan kalian baru dimulai dari situ, tapi masih dikurangin bagi hasil sama KBM dan biaya transfer bank, ya.

Q: Bagi hasil di KBM App itu gimana sih? A: Bagi hasilnya awalnya 70:30 (70% buat kalian, 30% buat KBM). Tapi persentasenya bisa berubah tergantung nominal penghasilan kalian (cek di bagian EARNING, ada ikon tanda tanya buat info lebih lanjut).

Q: Kalau gue pengen kunci cerita bukan dari bab 8, bisa enggak sih? A: Bisa banget! Gue jelasin nih, kalian bisa kunci cerita dari bab selanjutnya setelah bab 8. Contohnya, kalian mau kunci di bab 12, itu boleh. Tapi, kalau mau minta kunci dari bab 1, nggak bisa langsung, ya. Kalian harus chat admin.

Q: Apa ada syarat khusus buat tulisan di KBM App biar bisa dimonetize? A: Pastinya! Tulisan kalian enggak boleh plagiat, nggak boleh berisi hal-hal porno atau kekerasan, serta nggak boleh yang berbau kemusyrikan. Disarankan tulisan minimal 1000 kata buat novel.

Q: Apakah tulisan di KBM App harus melalui proses moderasi dulu? A: Nggak perlu, lho! Tulisan langsung bisa tampil tanpa perlu moderasi. Tapi kalau admin menemukan pelanggaran aturan, kalian bisa kena sanksi. Kalian juga bisa melaporkan tulisan yang kalian anggap melanggar aturan KBM App. Caranya gampang, klik tiga titik di pojok kanan atas, terus pilih REPORT.

Wah, udah bisa lebih paham kan tentang cara menghasilkan uang dari KBM App? Gue senang banget bisa sharing ilmu ini sama kalian. Gue yakin, dengan semangat dan usaha, kalian juga bisa sukses kayak gue. Oh iya, jangan lupa, kalau kalian ada pertanyaan, langsung aja tanya di kolom komentar, ya! Kita diskusi bareng, siapa tahu bisa nambah ilmu juga. Semangat, teman-teman! Jangan ragu untuk berbagi cerita dan mengejar impian lewat tulisan. Siapa tahu gajian selanjutnya makin banyak, kan? Ayo, terus semangat menulis!

 

Sumber/ Disadur dari : Rahmi Azizah